Turkiye Burslari : Tips LOI #Pengalaman

Letter of Intent atau LOI ini bukan hal asing buat para pejuang beasiswa luar negeri. Ini tuh semacam essay lagi sebenarnya dan lumayan berpengaruh. Tentang alasan kenapa kalian mau kuliah di sini, kenapa jurusan ini, dan semacamnya. Mungkin bisa dikenal juga dengan Motivation Letter. Di sini aku mau kasih tips buat ngisi LOI Turkiye Burslari, sesuai pengalaman aku pribadi :)

Di turkiye burslari sendiri, ketentuan LOI berubah-ubah. Tapi pertanyaannya tiap tahun selalu mirip. Berikut adalah pertanyaan tahun 2017 (dan 2016) dan cara aku menjawabnya;

1. Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation.
Di sini kita bisa menulis harapan kita bersekolah di Turki. Apa ekspetasi kita dan rencana kita setelah lulus kuliah. YTB ingin kita mengabdi untuk negeri kita lagi, jadi buat rencana yang bakal kita lakukan untuk Indonesia.

2. Please indicate why you have chosen Turkey for higher education.
Ini semacam penjelasan lebih untuk jawaban pertama. Semacam jawaban untuk harapan-harapan kalian. Why Turkey? Jika di nomor pertama jawabannya "Saya berharap ini", maka di nomor dua ini jawabannya "Karena Turki punya ini". Kalian bisa pakai kolom ini dengan memuji beberapa kelebihan Turki. Jangan memakai alasan yang pasaran, seperti Karena Turki adalah pertemuan dua benua. Itu klasik. Bukan masalah sih, tapi alangkah lebih baik jika kita berbeda :)

3. Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.
Kenapa kalian milih jurusan itu? Kalau kalian milih banyak jurusan, sambung-sambungin aja. Di nomor ini, kita bisa kasih liat apa yang kita punya. Kayak misal aku, karena aku punya buku, aku tulis "As young author, ..."

Tips ini bukan original dari aku sebenernya, dulu di grup Line ada yang share dan aku pahamin isinya, ga aku save._. Lalu chatnya ga sengaja kehapus. Yah, begitulah:" Siapapun kamu yang ngirim, terimakasih banyak yaa. Semoga Allah membalas kebaikanmu^^

Di tahun ini, pertanyaan itu harus dijawab dalam 250 karakter. Udah kayak ngetweet yah :" Tapi itulah menariknya, kita harus to the point, namun menarik untuk dibaca. Inggrisnya harus bagus ga? Ngga juga, aku dibantu google translate tapi ga asal nempelin jawaban. Coba minta temen yang jago inggris buat bantuin :)

Lalu apa tips LOI?

1. Berani berbeda
Coba kasih sesuatu yang mungkin para calon awardee lain ga kepikiran. Bisa juga pakai istilah-istilah unik. Jangan pakai yang mainstream semacam yang aku sebut tadi, "Karena Turki adalah Negeri Dua Benua sehingga ...". Tapi kayaknya tiap tahun ada aja yang lolos dengan kata-kata seperti itu. Mungin pintar-pintar menyusun kata-katanya. Kalau aku sendiri, karena aku ini calon psikolog gagal (wkwk, sedih), aku angkat tema anak jalanan dan anak berkebutuhan khusus di LOI aku. Dua bidang yang aku minati banget.

2. Stalking jurusan kalian
Coba kalian cari tau lebih dalam tentang jurusan yang kalian inginkan, tentang prospek kerjanya atau alasan-alasan orang yang kuliah di jurusan itu. Mungkin kalian bakal dapet inspirasi banyak dari sana.

3. Pelajari LOI milik orang lain.
Untuk mempelajari LOI, tidak ada salahnya kita melihat LOI milik para awardee tahun-tahun sebelumnya. Coba tanya langsung ke mereka atau kalau di grup punya PPI, biasanya ada kaka-kaka yang share. Kalian analisis sedikit-sedikit, perhatikan, apa yang membuat YTB meloloskan mereka.

4. Jujur
Ceritanya ada awardee yang jujur bilang, "karena ayah saya hanya mengizinkan saya kuliah luar negeri di Turki". Apa adanya, tapi jangan jadi kelihatan merendahkan martabat diri dan bangsa juga ya:" Beneran loh, untuk siapapun kamu yang mau apply beasiswa dimanapun, jujur pastikan yang utama. Buat apa lolos kalau ga berkah? Ya ga?  Kan mencari keberkahan itu tujuan hidup.

5. Perhatikan cara penyampaian
Meskipun apa ada, tapi cara menyampaikan juga penting. Tidak harus baku, yang penting mudah dipahami. Jangan cuma asal copy-paste dari google translate, tanya juga kepada teman, keluarga, atau guru yang punya selera bagus soal tata bahasa untuk menyusun kalimat.

Bonus:
Tips Future Plan

Kita bisa mulai cari bagian ini dengan memulai menilik permasalahan yang ada di Indonesia, coba pecahkan masalahnya dengan jurusan dan passion kita.

Mungkin ini udah agak umum diangkat, tapi sebagai contohnya adalah ketika kamu mau jurnalistik dan ngambil kasus media di Indonesia, kalian khawatir dengan media anak dan kalian ingin masuk ke Jurnalistik untuk menuntaskan masalah media anak ini, jengjeng. Ya begitulah.

Aku dapat tips ini dari Bang Billy, awardee YTB 2016. Dan ini bener-bener aku rancang dengan matang. Tips nya sampai aku tempel di buku kecil yang aku bawa-bawa. Tapi seperti yang kalian tau, aku udah cerita kalau sematang matangnya LOI aku kerjain, h min sekian aku ganti jurusan._. Tapi ga parah banget sih ngubah kata-katanya.

Contoh LOI punyaku. Abaikan bahasa Inggrisnya, aku tau ini berantakan waktu kaka kelasku bilang. Ambil aja hikmahnya.


Share:

3 komentar:

  1. makasih ilmunya. tetep update terus blognya ya
    moga berkah..
    hati-hati di turki..

    BalasHapus
  2. Makasih infonya mbak, semoga tahun depan menyusul

    BalasHapus
  3. thanks a lot ,,, semoga bisa bertemu sebagai ppi disana

    BalasHapus