Lolos Tahap Satu Turkiye Burslari 2017, Berkas Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Merhaba Arkadaslar. Di sini aku mau cerita tentang berkas apa saja yang diupload di tahap pemberkasan. Aku sebenernya hanya bercerita kembali tentang berkas yang aku upload.

Pertama jelas, kita buat dulu akun di websitenya. Kalau udah punya, pake aja yang itu. Ga ngaruh kok mau pake setahun, dua tahun, atau tiga tahun lalu sekalipun. Aku pribadi karena aku emang udah ngestalk setahun sebelumnya, udah punya akun.

Waktu dimulai pemberkasan, kita udah bisa isi bagian lain-lain dari aplikasi kita. Nah sebaliknya, yang ngisinya sebelum waktunya, otomatis bakal kehapus saat waktu pemberkasan tiba

So apa yang harus kamu siapin?

-Identity Card
 Yap, jelas harus punya. Ini bisa diisi Kartu Tanda Penduduk (KTP), KTP sementara hukumnya tidak dilarang. Kalau tidak punya? bisa pakai Akte Keahiran dan untuk kolom nomor identitasnya bisa pakai yang ada di Kartu Keluarga (KK), ATAU bisa juga pake passport.

Aku pake akte kelahiran. Nomornya pake NIK, di KK ada kok. Nanti yang aku upload itu dua-duanya (satu file PDF).

Passport hukumnya ga wajib buat tahap pemberkasan. Aku sendiri baru buat waktu dinyatakan lolos tahap interview. Bang Billy buatnya waktu masih nunggu pengumuman berkas. Tapi buat aja, siapa tau jadi doa :) Jadi target buat kalian supaya dalam 5 tahun harus pergi ke luar negeri. Lagipula kalau mepet, takutnya malah repot.

-Foto
Foto ga harus PAS Foto tapi resmi/sopan/jelas. Aku juga foto sendiri (bukan selfie, difotoin adik) di ruang tamu pake kamera HP terus edit Photoshop.

-Transcript Raport
Ini adalah nilai transkip semester 1-6, buat yang masih semester 6, transkipnya dari semester 1-5. Transkip ini kayak ngerangkum nilai rapot kamu dalam satu halaman berbahasa Inggris, lalu dirata-ratakan. Nilai ini lumayan berpengaruh buat kelulusan kamu, tapi kalau nilianya pas-pasan kayak rapotku, banyaklah berdoa semoga dimudahkan (aku ingat pesan Kak Mail waktu free call grup tengah malem dan aku tanya soal rapot : Karen Tuhan yang bermain) dan kasih liat prestasimu di bidang non akademik. Kalau udah punya ijazah, transkrip ini bisa pake yang di belakang ijazah.

Kalau ga punya ijazah, siapa yang buat? Kamu boleh minta sekolah, tanya guru BP/staf Tata Usaha sekolah kamu. Kalau aku buat sendiri, kasihin ke TU, staf TU ngedit, terus print lalu cap + tanda tangan kepala sekolah. Ini cara yang aku lakukan.

-Diploma/Ijazah
Ini bagi yang lulus tahun sebelumnya. Jadi di aplikasi itu ada pilihan, kita ini lulusan taun kemarin (graduate) atau melanjutkan (continue) yang artinya baru mau lulus tahun ini. Kalau continue, kolom diploma atau ijazah ini bakal hilang. Ditransate ke Bahasa Inggris ya :) Translate sendiri ga masalah.

Apa harus masukin surat keterangan lulus tahun ini? Engga kok gais, beneran, ga ada kolomnya. Tapi aku sendiri buat surat keterangan duduk di kelas XII yang ditandatangan wali kelas, aku upload di satu PDF bareng transkrip rapot.

-TOEFL/sertifikat bahasa lainnya (optional)
Jadi di aplikasi itu ada kolom bahasa. Hukum TOEFL jadi wajib kalau kamu milih kelas internasional. Nanti waktu milih universitas, bakal ada keterangan, apakah univ ini jurusan ini minta TOEFL? Berapa minimalnya? Rata-rata minimal TOEFL di kelas internasional itu 550. Aku ngupload juga. Tapi kecil kok, cuma 480 :')

Kalau kalian punya bahasa lain juga bisa dicantumin, it's okay kalau kalian ga punya sertifikatnya. Tapi nanti pas wawancara kadang ditanyain. Interviewenya tahun kemarin jago Bahasa Arab, tahun ini jago Bahasa Jerman.

-Sertifikat/Penghargaan/Project (optional)
Meski optional, ini penting banget! Ini berpengaruh. Kumpulkan sebanyak-banyaknya gais, kebanyakan orang ngupload 3 tahun terakhir sih. Tapi aku sendiri ngupload dari jaman SD, soalnya berkaitan gitu. Mulai pelatihan menulis ini-itu lah, lomba nulis ini-itu, dan lain-lain.

Jadi di situ ada kolom buat ngupload gambar. Ga perlu ditranslate kok yang ini. Tapi nanti kita kasih keterangan berbahasa inggris di kolom lainnya, ceritain ini tuh apa. Kaitkan dengan jurusan yang ingin kalian pilih kalau bisa.

Sertifikat itu yang biasanya didapatkan setelah ikut sebuah acara, semacam partisipannya lah. Kalau penghargaan biasanya ada tulisan "Penghargaan" dan kalian cukup keren di dalemnya. Kayak misalnya juara 1, 2, 3, dan seterusnya atau bisa juga hanya Finalis di lomba kancah nasional dan internasional.

Kalau proyek itu ya proyek kalian. Aku ngupload 7 bukuku di sini. Aku kasih keterangan buku ini isinya apa dan apa harapan aku lewat buku ini. Sebenernya keren sih kalau punya proyek film, tapi gatau gimana nguploadnya:') Jadi aku ga nyantumin proyek film, meski ada beberapa.

---------------------------

Setelah ngisi bagian-bagian yang wajib diisi, kita baru bisa ngisi tentang universitas. Ada beberapa yang perlu disiapin juga buat yang ini.

-Recommendation Letter (optional)
Surat rekomendasi berbahasa inggris. Biasanya surat ini datang dari kepala sekolah/guru yang kenal baik kamu. Hukumnya ga wajib, tapi jadi nilai tambah. Kalau bisa, surat rekomennya jangan yang pasaran. Tapi aku pribadi sih pasaran banget. Tapi gapapa, jangan lupa berdoa :')

-LOI
LOI ini adalah Letter of Intent. Seperti beasiswa pada umumnya, mereka selalu punya kolom buat kita ngessay. Ini harus dipikirkan baik-baik, karena ini adalah salah satu poin kamu buat lolos, Untuk selengkapnya, aku bakal cerita di tips LOI.


Ngisi Universitas gimana?
Di sini kita punya 12 pilihan. Bersiap-siaplah bingung dengan puluhan jurusan keren yang mungkin kalian ga temui di Indonesia. Urutannya bebas kok, kalian mau di mana. Tapi yang atas itu ya prioritas. Ada aturan yang bilang lebih baik, jika kita tidak memilih lebih dari 6 pilihan di 3 kota besar; Istabul, Ankara, Izmir. Bukan larangan. Banyak calon awardee liat rank world univ, aku sendiri liat di webometrics, menurutku oke sih, tapi masih banyak pertimbangan; Mau daerah mana; mau jadi anak kota, pantai, apa gunung? Apakah anak-anak Indonesia di sana banyak? Dan lainnya.

Kalian bisa stalking univ yang bakal kalian masukin beserta program-program jurusannya, sampe kalian menemukan kecocokan hati. Meski aku sendiri sampai selesai tahap ini masih ga sreg dan waktu pengumuman univ tetep ga sreg, tapi Laahaula aja kawanlar :)

Kalian bisa lihat dari cerita-cerita para awardee buat nentuin kota. Kayak Istanbul mahalnya sama kayak Jakarta tapi banyak bangunan dan tempat wisata keren. Izmir yang tidak bersalju (tapi winter kemarin salju), terkenal sekuler, dan pinggir pantai. Bukan rahasia lagi kalau cewek Izmir cantik-cantik ala Yunani. Antalya juga tidak bersalju (buat yang ga kuat dingin). Konya yang--katanya--lebih islami. Ankara yang di sana-sini gedung dan mahal transportasi, tapi keren banget soal teknologi dan informasi, secara, ibu kota. Kayseri yang dingin, terkenal buat main ski, dan lain-lain. Bisa jadi dari pertimbangan living cost, buat bandingin harga antar kota, cari google "compare living cost."

Buat yang harus diterjemahin ke Bahasa Inggris, kalian bisa translate sendiri kok. Bisa cari contohnya di gugel. Banyaaaak banget. Atau kalian sesama calon awardee bisa nyontek, atau lihat punya awardee tahun sebelumnya.

Penerjemah tersumpah itu dipakai kalau kita udah lolos tahap wawancara. Tapi kalian boleh pake di tahap ini, ga ada masalah. Kalau aku sih sayang duit:" Aku tau aku sayang kamu tapi aku lebih sayang duit:"""

Oh ya, tiap tahun kebijakan bisa berubah. Tapi semangat! Update terus informasi kalian tentang YTB dari instagram PPI dan para awardee. Kalian bisa follow-follow IG mereka, biar tambah semangat! Aku punya second account buat follow mereka, stalking panjang-kali-lebar-sama-dengan-luas biar semangat aku semakin membara. Join grup, ikutin acara-acara diskusi online terus screenshot setiap kali ada bagian penting. Simak baik-baik setiap percakapan di grup (jangan sampai bertanya hal yang umum ditanyakan, kasian awardee-nya lelah), dan berdoalah. Tidak ada perjuangan yang sia-sia.

Kalau kalian mau tanya-tanya lebih lengkap, boleh via email. Kalau kalian mau minta contoh pemberkasan aku, boleh dinego-nego, tapi jangan nerror. Meskipun aku bakal lebih senang kalau kalian berusaha sendiri dari tanya-jawab dengan para awardee :) Biar kerasa gitu feel lolosnya.

Semangat dan sukses, semua :)

(Baca selanjutnya : Tips LoI)

Komentar

  1. Dik, kamu kereeen...
    Sy mau banyak2 stalk di sini yaaa...
    Anak sy kelas xi smg bisa nyusul jg..,

    BalasHapus
  2. Congrats, Azizah!
    Duh, baca dari awal jadi ikut deg2an. Alhamdulillah semua lancar ya.

    Mungkin nanti Tante japri via email, ya. Secara anak Tante juga minat ikutan beasiswa ke Turki.
    TFS.
    Semoga dimudahkan ya di sana.

    BalasHapus
  3. Most import info ginian ka, thx bgtttt, ak japri email y, ad via lain g, mhon kbesaran hati ny ya :)

    BalasHapus
  4. Keren kak.. , jadi makin banyak tahu cara2 buat masukin berkas2. Saya ingin banyak bertanya tentang berkas persyaratan, mohon bantuannya kak :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Turkiye Burslari : Tips LOI #Pengalaman

7 Alasan Kenapa Kalian Harus Masuk SMAN 2 Cimahi

Turkiye Burslari 2017 (Bag. 1) : Lolos Tahap Pemberkasan, Alhamdulillah :)