Graduation Day

Kelulusan adalah waktu yang ditunggu semua pelajar, di SD, SMP, SMA, apalagi kuliah. Rasanya tuh alhamdulillah banget, akhirnya bebas dari tugas yang berat--meski tahu di depan sana ada tugas yang jauh lebih berat.

Yep, mungkin telat banget ya aku baru nulis beginian, udah sebulan lebih merayakan kelulusan. Tapi dimaklumi lah ya, untuk mengisi liburan dan mengisi waktu Ramadhan dengan sesuatu yang bermanfaat, semoga nulis beginian termasuk bermanfaat. Untuk mengenang kan ya :/

 

Hari Rabu, tanggal 10 Mei 2017 lalu, SMAN 2 Cimahi merayakan kelulusannya di gedung serbaguna paling legendaris, Vidya Chandra. Iya, disebut legendaris karena bertahun-tahun selalu di situ. Awalnya, panitia perpisahan ingin cari hotel di Bandung, cuma karena ternyata ada perjanjian antar-kepsek bahwa warga Cimahi ga boleh wisudaan di luar Cimahi, maka gagallah rencana mereka. Bukannya ga mau di Vidya Chandra, cuma mahal men, masih murahan di Hotel:"

Kami disuruh kumpul jam 8. Waktu itu gerimis, dingin. Aku sebenernya persiapan di rumah Alma yang juga merangkap salon, buat dandan sendirian (gausah ditanya hasilnya) bareng Alma, Vivi, dan Dela. Aku ga bisa pake make up plis, selera nyeni lukis-wajah aku kayaknya minus sekian-sekian. Aku bahkan ga ngejepit bulu mata/?, pake maskara, celak, dan pensil alis karena gatau cara makenya. Dan mata aku minus juga, jadi ga bisa ngeliat sebelah doang. Temen-temen aku masih bisa sih, aku mah diem aja liatin cara makenya, buat ilmu pengetahuan per-make up-an.

Kami berangkat disupirin kakaknya Alma naik mobil, Kak Andri, pengantin baru yang waktu itu masih calon. Dengan semangat, cinta, dan ketabahan, kami lari-lari menuju mobil dengan wedges 8 senti dan kebaya di bawah hujan. Ga lucu aja kalau usaha satu jam lebih kami di depan cermin mengalir begitu saja bersama hujan yang jatuh ke bumi.

Gedung Vidya Chandra terletak di Sangkuriang, ga begitu jauh dari rumah Alma. Sesampainya di sana, kami ngisi daftar hadir, dan gedung masih sepi. Hujan gerimis masih ada di luar sana. Aku duduk sendirian, ngejomblo di kursi kelas XII IPA 6, Vivi dan Dela emang beda kelas, dan Alma lagi pergi ga tau kemana.

Finally, aku liat beberapa temen Mastatho'tum, geng dunia akhirat aku (baca: temen liqo HKPI), lagi ngumpul, jadi aku deketin mereka dan ngobrol. Di sana juga ada Aghis yang sekelas. Aku ngajakin Aghis buat pergi ke bangku XII IPA 6 lagi.

Kami dipenuhi kegejean karena aku ga ngerti ini rencana acaranya mau gimana, lagi pula para wisudawan (ciyee) belum pada dateng. Lalu aku bertemu keajaiban. Aku meihat bahwa keajaiban itu nyata dan datang menghampiri. Karena Hasna (yang suka aku bully di blog ini) minta banget dibully style kebayanya. Terbaik emang. Hasna yang kemana-mana selalu pake sepatu kets hitam putih, kerudung putih geblus, baju pendek dijaketin abu atau hitam, dan tas ransel, hari itu mendadak cewek banget, pangling dinda. Sampai kayaknya aku harus pindah paragraf buat ceritain dia doang:(

Dia pake kebaya merah marun dan hitam dengan motif keemasan, kerudung dimodel yang aku sendiri bingung itu gimana cara buatnya, wedges tinggi (mungkin 6 atau 7 senti), dan tas selendang merah kecil bertuliskan Bali. Anggun banget:( Dia dengan bangga ngangetin semua orang dengan style-nya yang bukan Hasna banget.

Hasna si cantik
Oke skip.

Akhirnya tamu pun berdatangan, beberapa wisudawan datang dengan orangtua mereka yang memang diundang. Para juara kelas. Kalau para cewek tampil anggun dan cantik dengan kebaya warna-warni, rambut dan kerudung dimodel sedemikian rupa, dan sepatu-sepatu tinggi. Maka para cowok tampil elegan dengan kemeja berdasi dan jas monokrom--ada juga yang biru--dengan sepatu pantofel. Aku biasanya suka banget liat cowok berjas, tapi hari itu aku biasa aja. Entahlah, lagi ga minat.

Acara dimulai dengan ditandai para wisudawan disuruh keluar, sebelum nanti disuruh masuk oleh MC. Kami keluar lewat pintu tengah dan berdesak-desakan karena kalau ke jalan ntar kehujanan. Setelah acara dimulai, kami dipanggil perkelas dan duduk berjejer dikursi yang sudah disediakan.

Setelah berdoa dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, acara dibuka dengan pembukaan oleh guru dan ucapan terimakasih diwakilkan oleh mantan ketua OSIS, Ikhsan. Setelah itu acara resmi yang hampir selalu ada di setiap sekolah di Jawa Barat, pengantinan.

Pengantin Tahun Ini
Pengantin tahun ini adalah peraih nilai UN tertinggi di angkatan kami, yaitu Davy dari kelas IPS, didampingi dengan seorang model cantik berkerudung yang pesona kecantikan dan kecerdasannya juga dikenal satu sekolah, Sansan, dari kelas XII IPA 5. Si Mantan Ketua Osis yang duduk ga jauh di depanku terlihat gerah liat pengantin ini, semua orang tau kalau Ikhsan punya perasaan dengan "mempelai" wanita.

Sansan anggun berjalan di sebelah Davy. Ibu mereka berdiri di belakang mengikuti. Yang mayungin (aku gatau harus manggi mereka apa) jalan terlatih mengikuti di samping kanan dan kiri. Sansan cantik? Banget! Langkahnya teratur dan anggun, senyumnya tipis tapi manis. Dan terjadilah sesuatu yang tak akan pernah dilupakan oleh siapapun di ruangan itu.

Ketika mereka berenam jalan sampai ke tengah, ketika semua mata tertuju kepada pengantin, terkunci senyum gugup Davy atau senyum manis Sansan, Ikhsan berdiri, setengah berlari lewat belakang pengantin, melewati ibunya Sansan, lalu sampai di samping Sansan, memberi mawar merah.

Gedung meriah oleh banyak seruan.

Aku cuma ketawa di antara teriakan histeris para manusia. Sansan tetep jalan dengan anggun, bahkan megang bunganya tetap dengan cara yang anggun. Aku selalu merasa gagal jadi cewek kalau liat dia:"

Setelah acara pengantin selesai. Para juara kelas datang dari belakang, menyembunyikan bunga dibalik punggung mereka untuk orangtua mereka diiringi lagu mellow Bunda-nya Melly Goeslow. Kami yang orangtuanya ga diundang sih biasa aja, masih ngobrol dengan temen kanan-kiri, cekakak-cekikik. Setelah acara pemberian bunga selesai, itu baru para wisudawan dipanggil perkelas untuk mendapatkan medali.

Kami berbaris menuju panggung, bersiap menyalami guru. Bu Sri Wahyuni, guru baik banget di mata pelajaran yang paling ga aku suka, Kimia, memberi nasihat untukku, "Semangat ya belajarnya ya Azizah ..." aku hanya tertawa mengiyakan. Mengingat aku sering mengantuk di mata pelajaran yang beliau ajarkan.

Setelah itu acara hiburan dan bebas. Semuanya berlangsung ramai dan melelahkan. Iya cape pake sendal tinggi Mas, pegal:" Banyak sekali foto diabadikan. Fotonya angkat medali semua :) Aku punya banyak "geng" di SMA. Pertama dan yang pasti adalah geng Mastatho'tum, geng kelas 11, dan geng kelas 12. Jadi fotonya juga banyak wkwk.

Temen seperjuangan kelas 12



Mastatho'tum
Tahun ini aku "agak" tobat untuk berfoto bersama cowok. Jadi aku ga sibuk minta foto ke cowok. Sebenernya, di kelas 12 ini aku punya "geng" lain bareng dua cowok. Tapi aku cuma foto sama salah satunya. Itu juga dengan perhitungan, berapa jarak yang harus kami buat. Terus bilang lupa ga foto sama temen cowok yang satu lagi di chat.

Jam 2 siang, aku baru solat dzuhur bareng Aghis dan Asmi, telat banget aku tahu. Dengan perhitungan setelah solat aku ga bakal foto-foto lagi, karena aku ngahapus make up. Acara beginian menyenangkan memang, tapi ga sedikit mudharatnya ya:"

Di mushalla aku istirahat. Cukup. Enough. Aku pegel disuruh pake wedges setinggi itu. Rasanya remuk, ingin pulang terus tidur. Aku bisa denger kalau gedung utama lagi buat kejutan untuk guru yang memang udah direncanain sejak lama, tapi kami ingin istirahat. Aku pinjem bedak + lipstick Aghis buat touch up simpel. Lalu aku dipanggil lagi buat foto-foto bareng temen kelas 11, haha sudahlah. Kapan lagi aku harus berlelah-lelah seperti ini? Pasti nanti kangen.

Selfie bersama si cantik (make up aku udah ilang)

DREI (Alma - Hasna - aku), sahabat dua tahun :)
Acara berakhir dengan pembagian booklet cantik. Bookletnya beneran cantik deh. Bagus banget. Ada stikernya juga.

Maka resmilah kami jadi almuni. Kemana kaki pegal-pegal ini akan melabuhkan mimpinya? Universitas apa? Jurusan apa? Hanya Tuhan yang tahu.
  
H-1 pengumuman SBMPTN Masya Allah^^

Begitulah cerita hari kelulusan SMA-ku. Cukup sekian dan terima jodoh :)

(Semua foto adalah milik Alma Verdiana dan yang Mastatho'tum milik Nur Rahmatan Lil 'Alamin. Aku menang maling :))

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Turkiye Burslari : Tips LOI #Pengalaman

7 Alasan Kenapa Kalian Harus Masuk SMAN 2 Cimahi

Turkiye Burslari 2017 (Bag. 1) : Lolos Tahap Pemberkasan, Alhamdulillah :)

Lolos Tahap Satu Turkiye Burslari 2017, Berkas Apa Saja yang Perlu Disiapkan?