7 Alasan Kenapa Kalian Harus Masuk SMAN 2 Cimahi

Hai, udah lama ga nge blog. Hari ini aku mau buat artikel ga penting. Iya ga penting.

(Tulisan ini aku buat kelas 11 dengan banyak perubahan, jadi maafkan kalau bahasanya agak beda dengan tulisan aku yang sekarang).

Nah, setelah bagi NEM dan menjelasng pembukaan PPDB, aku ingin berbagi kisah dengan adik-adikku tercinta, khususnya daerah Cimahi. Karena Cimahi itu hanya kota kecil, aku tau kalian ingin kabur ke Bandung, tapi apa daya terkadang keadaan tidak memungkinkan. Entah itu soal waktu dan uang. Atau tidak dapat izin orangtua.

Mungkin bagi aku pribadi, SMAN 2 Cimahi juga bukan sekolah impian. Aku sempat enggak mau sama sekali masuk sekolah yang katanya favorit di Cimahi ini. Impianku waktu itu sebenarnya masuk sekolah swasta, nyantren, lalu berubah jadi anak solehah, tapi memang ga ada yang tau di mana hati ini akan memuarakan harapannya. Jadi dulu aku semacam punya trauma masa lalu sama sekolah negeri, mungkin ini alasan Allah kenapa aku ada di sini, menyelesaikan problematika ketakutan berlebihan aku :')

Sebagai warga sekolah yang baik, aku ingin berbagi pengalaman 3 tahun di sini kepada kalian semua mengapa SMAN 2 Cimahi a.k.a Daci yang kadang menyebalkan ini layak diperjuangkan. Juga untuk kalian yang sudah masuk Daci, berikut adalah hal-hal yang harus coba kalian syukuri ;)

1. Ga ada salahnya.

kenapa kamu harus masuk Daci? Ga ada salahnya dong nyoba. Iya sih soal bangunan Daci ga akan seberapa dibanding SMA lain. Aku juga masuk Daci nyoba-nyoba aja kok. NEM aku pas-pasan *curhat. Sekolah yang katanya favorit ini harus dijajahi sebelum nyoba universitas favorit impian kamu!

Mungkin aja kalian beruntung masuk Daci, banyak yang ingin tapi ga bisa kan?

Kalau kalian ga mau masuk daci gara-gara "Daci mah tugasnya berat!" Hmm .. ngga juga sih, sekolah lain juga sama kok. Tapi soal deadline tugas yang emang banyak, sering mepet dan anak-anak yang gila belajar bakal ga ada apa-apanya dengan apa yang kalian hadapi di kuliah nanti. Mungkin ketika kalian dihukum ngessay sekian halaman, dikejar deadline tugas, banyak sekali ulangan, remedial terus, tugas dilipatgandakan, ini akan membuat kalian lebih siap menghadapi dan bersaing di masa kuliah nanti. Ini baru Cimahi, belum Bandung. Baru SMA, belum kuliah. Perlahan-lahan belajar menghadapi dunia yang lebih luas, lebih kejam. HAHAHA.

2. Tempatnya di komplek.

Daci terletak di komplek sriwijaya, komplek tentara. Jadi ga perlu khawatir dengan suar bising kendaraan mobil atau motor beserta klakson-klakson yang bikin sakit kepala. Paling kalian harus membiasakan diri dengan bising kereta. Dengan jarak sekian meter menuju rel dan 10 menit jalan kaki menuju stasiun, kereta telah menyatu dengan kehidupan Daci.

Pengalaman waktu kelas 10, aku dapet kelas yang kalau ngeliat ke jendela bisa ngeliat langsung rel kereta. Awal-awal mungkin pelajarannya jadi keganggu. Kalau kereta lewat pasti guru bakal diem dulu, karena emang ga bakal kedengeran. Tapi lama-lama hal ini jadi hal yang biasa dan malah sering jadi bahan candaan, kayak misal "ih itu masinisnya ganteng banget." Padahal ga keliatan mukanya, sip.

3. Banyak jajanan.

SMAN 2 Cimahi itu tetanggaan sama SMPN 3 Cimahi dan SDN Setiamanah Mandiri 1. Jajanannya banyak banget-_- Apalagi sebelahan sama Jl. Warung Contong. Yang tau jalan warung contong pasti tau betapa banyaknya makanan di sana.

Sebenarnya kantin Daci juga sudah harus diakui kalau makanannya cukup lengkap. Dari roti, gorengan, seblak, temen nasi, mie ayam, mie baso, baso tahu, cilok, sok mangga mau naon deui sok? Tapi makanan-makanan ini random adanya. Lagipula 3 tahun sekolah masbro, bosen kan jajanannya rasanya itu-itu aja? Nah, biasanya cewek-cewek hobi kuliner pas Jum'at karena pulangnya cepet. Dan kalau pulang cepet, jajanan SD yang kalian kangenin itu masih ada banget loh :)

4. Bagus secara akademik.

Bagi kalian yang bagus secara akademik, boleh banget masuk Daci. Karena Daci ini selalu bersemangat soal kompetisi akademik. Sudah menjadi hal lazim kalau sekolah ini jadi juara umum tiap OSK (Olimpiade Sains Kota) dan beberapa kali sampai di tingkat nasional. Dan bukan rahasia lagi kalau jalur SNMPTN di Daci lumayan gede dan jadi sekolah di Cimahi yang paling banyak keterima jalur undangan.

Sayangnya aku ngga ada bakat akademik. Kita mah anak nyeni bisa apa *bakar menyan

5. Ambisius

Seperti halnya sekolah-sekolah yang katanya "favorit", anak-anaknya katanya juga "pinter". Bagi kalian yang merasa lebih senang belajar di bawah tekanan, maka Daci bisa menjadi solusi. Karena anak-anaknya ambisius dan kejar-kejaran soal nilai. Kita dipaksa untuk mengatur kembali jadwal kita agar kita ga ketinggalan banyak pelajaran. Kamu pasti akan merasa kalau saingan itu dimana-mana, sampai kamu ga bisa sedikit pun berleha-leha dengan setumpuk novel, nonton drama sampai lupa waktu, atau main game kesukaan. Kadang kejar-kejaran doi juga sih, dikit. Tikungan emang tajam dan tak diduga, kawan *natap tajam.

Tapi karena aku adalah orang yang kalau di bawah tekanan malah cape ngejarnya, aku gila. Iya gila, gara-gara kamu.

Oke sip.

6. Banyak event.

Event Daci mungkin akan banyak menyita waktu dan fokus kamu, tapi acara-acara ini yang bakal kamu tunggu-tunggu (biar bebas ga belajar). Ada Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), University Day, Bulan Bahasa, karya wisata, atau momen Daci pentas seni yang cuma ada 2 tahun sekali; GANS. belum lagi ujian akhir seni budaya yang nguji kekompakkan dan keambisiusan kelas kamu; tari kolosal, teater, vokal, pameran, atau perkusi.

Kenangannya itu loh, bikin kamu kangen Daci :)

7. DACI PUNYA HKPI

Ini sengaja aku caps lock karena ini alasan aku bahagia di Daci. Alasan aku bisa betah di sekolah sampai Maghrib cuma buat ngobrol (yang insya Allah berguna) atau mintain makan. Alasan mengapa masjid Daci, Nurul Ihsan, itu ngangenin. Karena Daci punya ekskul rohis yang keren, HKPI (Himpunan Keluarga Pelajar Islam).

Ini adalah pelarian kamu paling ampuh kalau kamu stress ngadepin permasalahan sosial dan tugas Daci. Ini adalah keluarga di mana mereka mau berbagi pundak sama kamu dalam keadaan apapun. Ini adalah keluarga di mana kamu ngupload puisi aja bisa dibully tapi ngangenin (pengalaman aku nulis puisi Patah dibully). Kita di sini sibuk dalam kebaikan, insya Allah. Sibuk jadi warga sekolah yang baik dengan mencoba buat gerakan anti nyontek, sibuk bikin acara keagamaan untuk sekolah dan umum, sibuk bikin kejutan untuk adik, kakak, dan guru kita, sibuk ikut kajian, dan kesibukan lainnya.

Pernah bertengkar? Jelaslah wkwk, organisasi mana sih yang ga punya beban untuk digelutin? Tapi yang jelas, kita sama-sama nyelesain dengan kepala dingin.

Kamu ga perlu takut soal "aku mah apa atuh, bukan anak alim" karena aku juga ga alim sama sekali sampai kehidupan HKPI mengubah kehidupan aku. Serius deh, Anda tidak mengenal siapa saya sebenarnya. Warga HKPI insya Allah sama-sama berorientasi pada akhirat dan saling mengingatkan kalau salah, aku sering kok ditegur.

Siapapun kamu, sejelek apapun masa lalu kamu, selama kamu memang niat, warga HKPI ga bakal peduli. Karena kita juga sama-sama belajar.

---------------------

Kadang, kenangan indah itu ga dateng dari hal yang besar yang jarang terjadi. Bisa jadi dari hal-hal kecil yang terjadi setiap hari. Dateng telat atau dateng kepagian (buat nyalin PR maksudnya), dimarahin guru, ekskul, modus, atau liatin doi dari jauh.

Maafin ya artikelnya agak absurd, namanya juga Zizah. Tapi percayalah, Daci akan menjadi tempat yang dirindukan setelah lulus nanti, aku baru lepas dua bulan aja kangen :')

(Diedit setelah setahun dibiarkan nganggur begitu saja. Akhirnya rilis, alhamdulillah).
Share:

0 Comments:

Posting Komentar