Minggu, 03 April 2016

Hanya Kenangan

Banyak kenangan yang hanya bisa disimpan dalam ingatan, tak ada bukti fisik. Tapi setidaknya ia tetap masih bisa dikenang kan? :)

Aku mulai mengenal internet saat aku duduk di bangku SD kelas 2 (iya kelas dua). Bersyukurlah kalian yang belum kenal internet zaman itu, mungkin itu alasan mengapa aku pakai kacamata sekarang. Tidak banyak yang bisa aku lakukan. Aku cuma bisa pakai email, google, dan sosial media yang tren saat itu, multiply (yang sekarang sudah beristirahat dengan tenang karena kalah dengan facebook). Multiply itu bentuknya adalah blog, mungkin kayak tumblr sekarang. Tapi lebih "home". Karena blog kita adalah rumah, dan teman-teman kita adalah tetangga-tetangga kita. Aku lupa aku pernah punya berapa multiply, mungkin sekitar tiga atau empat? ._.

Aku memang senang dengan hal-hal baru tapi cukup pemalu untuk itu. Multiply-ku sama sekali tidak punya teman awalnya, iya ga punya temen, kan lucu. Dan ga punya foto (karena dulu aku ga maniak foto kayak sekarang). Tapi di awal-awal multiply, isinya foto aku alay semua ._. Ya Allah kelas 2 udah bisa alay;_; untung udah kehapus jadi ga bisa di stalking hahaha. Multiply terakhir aku miliki di waktu kelas 3 sd dan punya id foxcity, karena aku suka serigala. Sebagaimana aku suka wolf dalam kata zwölf (berarti 12 dalam bahasa jerman) /apa. Passwordnya adalah salah satu tokoh dari anime yang aku suka sepanjang zaman; Detective Conan :v Sebenarnya aku ga ngerti kenapa aku jelasin bagian ini. oke skip.

Di foxcity ini aku mulai mengenal teman. Dan aku mulai jadi maniak karena pemain-pemain multiply saat itu juga anak-anak seusiaku. Aku inget yang namanya Khanza, dua tahun lebih tua dari aku (Hai Khzanza, kalau kamu baca ini komen ya). Well, multiply juga adalah blog-blog pertama penulis-penulis cilik angkatan tua kayak aku._. Jadi gara-gara aku keranjingan internet, aku diminta ibu aku nulis satu postingan per minggunya. Jangan harap tulisan aku waktu itu sebaik tulisan aku sekarang, yang namanya pemula tuh bener-bener pemula. Asli ngilfilin banget xD Mungkin satu postingan aku cuma nulis satu paragraf dan tanpa titik koma. Jujur aja aku ga seneng pelajaran bahasa Indonesia waktu kelas 1 dan 2, karena guru aku selalu bilang tulisan tangan aku berantakan ga bisa dibaca-_- Jadi percuma aja aku nulis, ga akan kebaca kan.

Penulis terkenal yang aku kenal di multiply salah satunya adalah Ayunda Nisa Chaira. Yunda juga masih kenal aku sampai sekarang ;) Kalau kalian pernah baca bukunya yang "Menari di Pelangi" yang nyeritain almarhum temennya, April, aku suka ingin nangis. Bukan hanya soal ceritanya yang sedih, tapi karena aku kangen banget multiply. Yunda pernah posting tulisan tentang almarhum temannya itu (aku masih inget wajahnya sampai sekarang), dan di book guest multiply April, aku pernah nulis bela sungkawa juga di sana :')

Konsep multiply yang home itu buat kita ingin memperbagus tampilan rumah kita. Ini juga alasan aku kenapa aku bisa addict sama internet, aku belajar html! Wooooo ... gila gila gila, anak SD belajar kek gitu otodidak meen. Aku aja sekarang males disuruh belajar coding kayak gitu sama ortu aku :v Dan sekarang emang udah lupa, nyaris lupa semua malah. Emang sih kode html multiply ga begitu susah, ga kayak blogspot (makanya aku males ngoprek blog aku, mending nyari). Tapi aku jadi seneng desain-desain web gitu. Dulu biasanya kita ambil gambar di web yang sekarang juga udah ga ada. Terus suka pesan-pesanan tema. Aku suka mesen sama Dilla Mutia (Hai Dilla, kalau kamu baca ini komen ya). Tema yang aku suka dari penyedia tema gratis adalah naruto. Warnanya putih salju dengan naruto pake jaket jadi background. Lucu kan serigala-serigala salju gitu kesannya aarrrrghh ... Tema terakhir yang aku pake sebelum multiply musnah juga buatan Dilla. Temanya es krim gitu, lucu banget, warna biru muda:3 Aku bahkan lupa tema apa yang pernah aku coba buat ._. Yang pasti pernah nyoba detective conan.

Tahun 2009, facebook booming. Itu juga jadi tahun terakhir aku main multiply. Semua makhluk multiply pindah ke facebook. Multiply tertatih buat ngejar para pemainnya. Sempet ada kolom chat di multiply, tapi tetap aja susah ngalahin facebook. Kemudian juga twitter booming kan. Udah mati aja mati kamu multiply! Mati! Kelas 6 aku sempet balik ke multiply juga udah sepi :') Kelas 5 atau 6 di sekolahku juga diajarin facebook, jadi kalau mau kontakan sama mereka, mending main facebook kan? Jadi jangan salahkan aku berpaling hati dari multiply.

Well, aku kangen multiply, makanya aku menghidupkan kembali blog ini. Internet sekarang suka disalahgunakan, suka ada tren-tren ga guna yang cuma bikin emosi. Coba kalau misalnya pengguna internet manfaatin internet sebaik mungkin. Kayak para pemain multiply yang berbagi semangat meski lewat kolom guest book, lewat grup-grup kita belajar bikin tema bareng. Selain multiply juga aku pernah pake friendster, cuma aku terlalu muda main friendster jaman itu:( Atau spring.me. Spring.me itu kayak ask.fm tapi seluruh dunia pertanyaannya muncul di timeline, soalnya penggunanya dikit. Aku seneng pake spring.me soalnya aku bisa belajar bahasa inggris dan bisa curhat-curhat pribadi gitu wkwk. Sekarang semua itu udah ga ada, multiply pernah mencoba bertahan dengan jadi toko jual beli online. Friendster juga pernah jadi tempat main game. Spring.me sekarang kerja sama denga twoo.

Emang ya gitu, kalau udah ga laku yaudah.

Anak SD disuruh megang gadget dan internet itu gapapa. Serius sah-sah aja, kalau misalnya orangtuanya bisa ngawasin dan itu positif. Toh, mungkin aku seneng nulis gara-gara multiply juga. Kata aku sih gitu. Adik-adik aku megang gadget sekarang juga sama-sama belajar fotografi, nyoba desain grafis, belajar video editing, atau bikin animasi (kecuali adik aku yang kedua kerjanya sama aja kayak aku; stalking. HAHAHA). Adik aku yang terakhir kelas 3 sd aja belajar bikin video dari power point.

Alasan aku nulis ini (selain karena apa yang aku tulis sebelumnya), aku cuma mau bilang kalau internet itu bukan hanya tentang game online. Aku juga main game online waktu SD sampai suatu hari ibu aku ngelarang kami sekeluarga main game :v

Aku ga lagi nyepet siapa-siapa kok. Cuma aku lagi kecewa aja sama pengaharapan aku sampe aku nulis puisi Patah.

Aku pernah nge screenshot blog multiply aku waktu itu. Cuma di notebook aku yang rusak jadi ga bisa aku post:( Tapi ya itu kan emang cuma kenangan. Kenangan ga selamanya harus pakai bukti fisik. Tetep aja manis kalau dikenang :) Karena kenagan adalah kenangan. Kayak kenangan aku sama kamu.

Maafin blognya mellow. Cukup sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar